OPTIMALISASI PENGGUNAAN METODE KERJA KELOMPOK DENGAN STRATEGI SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BERBICARA SISWA KELAS VIII M SMP NEGERI 3 SINGARAJA

Ni Putu Pendi Adnyani

Abstract

Penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SMP negeri 3Singaraja di kelas VIII M pada semester 1 tahun pelajaran2017/2018 bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar berbicara pada mata pelajaran Bahasa Inggris menggunakan metode kerja kelompok dengan snowball throwing. Data hasil penelitian ini dikumpulkan dengan cara pemberian tes prestasi belajar. Dalam menganalisis data yang diperoleh digunakan metode analisis deskriptif. Data yang dihasilkan dari penelitian ini terdiri dari data awal, data siklus I dan data siklus II. Dari data awal diperoleh rata-rata kelas baru mencapai nilai 65,6 dan ketuntasan belajarnya baru mencapai 5,26%. Data ini jauh di bawah harapan mengingat KKM mata pelajaran Bahasa Inggris di sekolah ini adalah 75. Pada siklus I sudah terjadi peningkatan yaitu rata-rata kelasnya mencapai 73,3 dan prosentase ketuntasan belajar mencapai 42,11%. Pada siklus II perolehan rata-rata kelas sudah mencapai 78,2 sehingga sudah sesuai harapan akibat penggunaan model pembelajaran yang sifatnya konstruktivis. Simpulan yang diperoleh adalah metode kerja kelompok dengan snowball throwing dapat meningkatkan prestasi belajar berbicara siswa.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.