UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 TAKMUNG SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2015/2016 MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EKSPOSITORY BERBANTUAN MEDIA VISUAL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar
matematika siswa setelah diterapkan model pembelajaran ekspositori.
Penelitian ini mengambil objek pada kelas IV di SDN 1 Takmung
Semester I Tahun Pelajaran 2015/2016 berjumlah 18 orang. Rendahnya
prestasi belajar matematika siswa kelas IV tidak memenuhi target KKM
yang ditetapkan sekolah merupakan permasalahan yang harus
diperbaiki. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang
dilaksanakan selama dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari
perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi dan refleksi.
Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah pemberian
tes. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari
penelitian ini adalah: 1) Dari data awal ada 15 siswa mendapat nilai di
bawah KKM dan pada siklus I menurun menjadi 11 siswa dan siklus II
hanya 1 siswa mendapat nilai di bawah KKM. 2) Nilai rata-rata awal
60 naik menjadi 61 pada siklus I dan pada siklus II naik menjadi 71. 3)
Dari data awal siswa yang tuntas hanya 3 orang sedangkan pada siklus
I menjadi lebih banyak yaitu 7 siswa dan pada siklus II menjadi cukup
banyak yaitu 17 siswa. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini
adalah penggunaan model pembelajaran Ekspositori dalam
pelaksanaan proses pembelajaran mampu meningkatkan prestasi
belajar siswa kelas IV di SDN 1 Takmung.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.