AUDITORY AND VISUAL DISORDER SERTA LAMBAN BELAJAR

Gede Adi Palguna

Abstract

Auditory disorder atau gangguan pendengaran dan visual disorder atau gangguan penglihatan sering menimpa anak-anak usia sekolah. Anak-anak yang mengalami gangguan pendengaran tidak dapat memproses apa yang mereka dengar dengan cara yang sama seperti yang dilakukan anak-anak lain karena telinga dan otak mereka tidak sepenuhnya berkoordinasi. Ada sesuatu yang mengganggu jalannya otak dalam mengenali dan menafsirkan suara, terutama ucapan. Anak-anak dengan gangguan penglihatan juga diakibatkan oleh adanya gangguan pada syaraf-syaraf pendukung penglihatan anak. Sedangkan anak yang lamban belajar (slow learner) mengalami kendala dalam proses penerimaan informasi dan isntruksi yang diberikan oleh orang lain sehingga hal itu berdampak pada kecepatan anak dalam memberikan respon. Dengan pendekatan dan penanganan yang tepat, anak-anak yang mengalami gangguan penglihatan, pendengaran serta lamban belajar bisa sukses di sekolah dan di kehidupannya. Oleh sebab itu, diagnosis dini itu penting untuk membantu anak mengantisipasi masalah belajar yang lebih besar lagi dalam hidup anak. Dalam artikel ini akan dibahas tentang definisi, gejala serta upaya penanganan anak yang mengalami gangguan pendengaran, penglihatan serta lamban belajar.

Kata Kunci: Auditory Disorder, Visual Disorder, Slow Learner

Full Text:

PDF

References

Abdurrahman, Mulyono. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta. https://varhan004.blogspot.com/2018/01/anak-lamban-belajar.html diakses pada tanggal 7 Desember 2021 pukul 19.00

Baharuddin dan Esa Nur Wahyuni. (2010). Teori Belajar & Pembelajaran. Jogjakarta: ArRuzz Media.

https://varhan004.blogspot.com/2018/01/anak-lamban-belajar.html diakses pada tanggal 7 Desember 2021 pukul 19.00

Heward, W.L. (2017). Exceptional Children: An Introduction to Special Education8Edition. New Jersey: Merrill Prentice Hall - Pearson Education, Inc https://www.researchgate.net/publication/328216170_REVIEW_VISUAL_IMPAIRMENT diakses pada tanggal 7 Desember 2021 pukul 19.00

Nani & Amir. (2013). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Lamban Belajar Slow Learner. Jakarta: PT Luxima Metro Media. Abdurrahman, Mulyono. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta. https://varhan004.blogspot.com/2018/01/anak-lamban-belajar.html diakses pada tanggal 7 Desember 2021 pukul 19.00

Rochyadi, Endang dan Zaenal Alimin. (2005). Pengembangan Program Pembelajaran Individual bagi Anak Tunagrahita. Jakarta: Depdiknas Dirjen Dikti.

https://varhan004.blogspot.com/2018/01/anak-lamban-belajar.html diakses pada tanggal 7 Desember 2021 pukul 19.00

Refbacks

  • There are currently no refbacks.