PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VIII A SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2022/2023 DI SMP NEGERI 5 DENPASAR

Tjokorda Istri Agung Liliawati

Abstract

Terpacu oleh rendahnya prestasi belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 5 Denpasar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia yang baru mencapai rata-rata 70,10 dan masih di bawah KKM yang dituntut, membuat peneliti giat melakukan perbaikan. Sebagian besar siswa belum mampu mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan. Oleh karena itu, diperlukan strategi pembelajaran yang tepat. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua tahap yakni siklus I dan siklus II. Pengumpulan data menggunakan tes prestasi belajar. Teknik analisis data berupa analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Sare (TPS) dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia telah membuat prestasi siswa menjadi meningkat. Hal ini ditunjukkan dengan melihat adanya peningkatan prestasi belajar dari data awal nilai rata-rata sebesar 70,10pada siklus I rata-rata meningkat menjadi 78,35 Pada siklus II prestasi belajar siswa juga mengalami peningkatan menjadi 83,63 dari siklus I. Ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkatan dari 30% pada data awal menjadi 70% pada siklus I dan pada siklus II ketuntasan juga mengalami peningkatan menjadi 98%. Saran yang diajukan berdasarkan hasil penelitian yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Sare (TPS) dapat digunakan sebagai alternatif untuk meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia.

Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Sare (TPS), Prestasi Belajar

Full Text:

PDF

References

Alwi Hasan, dkk. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Departemen. Pendidikan Nasional Balai Pustaka.

Marsun dan Martaniah (dalam Sia, Tjundjing2001:71). Hubungan Antara IQ, EQ, dan QA dengan Prestasi Studi Pada Siswa SMU. Jurnal Anima Vol.17 no.1.

Surya, Mohammad. 2004. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.