PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IX-7 DI SMP NEGERI 2 SINGARAJA SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Luh Putu Eka Marhaeni Wraswati

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di Kelas IX-7 SMP Negeri 2 Singaraja pada
semester genap tahun pelajaran 2017/2018, dengan kondisi rata-rata
prestasi belajar matematika hanya 59,51kondisi ini sangat rendah dan
belum memenuhi KKM. Prosentase ketercapaian KKM baru mencapai
28,94 %. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui
apakah Penerapan Model Pembelajaran Inquiri Terbimbing dapat
meningkatkan prestasi belajar matematika siswa. Data penelitian
dikumpulkan melalui tes prestasi belajar, yang selanjutnya dianalisis
dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Data disajikan
dalam bentuk rata-rata prestasi belajar dan prosesntase ketuntasan
belajar. Penerapan model pembelajaran Inquiri Terbimbing secara
positif dapat merubah kualitias pembelajaran matematika, dibuktikan
dengan adanya perkembangan prestasi belajar. Pada awalnya rata-rata
prestasi belajar siswa hanya 59,51 dengan ketuntasan belajar hanya
28,94 %, selanjutnya setelah pelaksanaan Siklus I meningkat menjadi
rata-rata 75,36 dengan ketuntasan belajar mencapai 55,26 % Dari
Siklus I ke Siklus II terjadi juga peningkatan yakni mencapai rata-rata
78,29 dan ketuntasan belajar 86,84 %. Kesimpulan yang diperoleh dari
penelitian ini adalah Penerapan Model Pembelajaran Inquiri
Terbimbing dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa
pada kelas IX-7 SMP Negeri 2 Singaraja semester genap tahun
pelajaran 2017/2018

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.