PENERAPAN METODE QUESTION STUDENTS HAVE DALAM MODEL EXPOSITORY SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN PKN TENTANG PERBEDAAN JENIS KELAMIN

Ni Luh Sekar

Abstract

Observasi awal yang dilakukan terhadap siswa kelas I semester I tahun
pelajaran 2016/2017 Sekolah Dasar Negeri 1 Kedis menunjukkan
bahwa pembelajaran yang dilakukan kurang berhasil. Rendahnya
penguasaan siswa dalam pembelajaran PKN dikarenakan kurang
tepatnya model pembelajaran dan metode yang digunakan, sehingga
siswa menjadi tidak aktif, mudah bosan, dan kurang memperhatikan
penjelasan guru. Oleh karena itu untuk meningkatkan prestasi belajar
siswa diperlukan model pembelajaran dengan metode yang tepat. Salah
satunya adalah model pembelajaran Expository dengan metode
Question Students Have. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan
prestasi belajar PKN siswa. Lokasi penelitian ini di Sekolah Dasar
Negeri 1 Kedis Kecamatan Busungbiu dengan jumlah siswa 16 orang.
Data dalam penelitian ini diperoleh dari tes prestasi belajar yang
kemudian dilakukan analisis secara deskriptif. Penelitian ini
dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus dilakukan berdasar
tahapan: (1) menyusun rencana kegiatan, (2) melaksanakan
tindakan,(3) observasi, dan (4) analisis yang dilanjutkan dengan
refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil observasi awal
pembelajaran siswa kurang aktif, mudah jenuh, dan perhatian siswa
pada penjelasan guru sangat kecil sehingga nilai rata-rata siswa hanya
sebesar 50,94. Setelah tindakan siklus I penguasaan materi
pembelajaran meningkat menjadi rata-rata 58,44 dengan siswa tuntas 7
siswa dan belum tuntas 9 siswa. Hasil tindakan pada siklus II penguasan
materi setelah diberikan tes prestasi belajar meningkat menjadi rata-rata
79,38 dengan siswa tuntas 16 siswa. Prosentase ketuntasan belajar pada
siklus II ini telah memenuhi indikator keberhasilan yang ditetapkan dan
siklus dinyatakan tidak dilanjutkan, dengan kesimpulan bahwa
penerapan metode Question Students Have dalam model pembelajaran
Expository telah mampu dengan baik untuk dijadikan alternatif dalam
meningkatkan prestasi belajar siswa.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.