PENERAPAN PELAKSANAAN STRATEGI QUESTIONS STUDENTS HAVE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR WRITING SISWA KELAS IX I SMP NEGERI 3 SINGARAJA
Abstract
Tujuan melakukan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar menulis siswa kelas kelas IX.I SMP Negeri 3 Singaraja pada semester ganjil Penelitian ini dilakukan terhadap 35 subjek penelitian. Cara yang dilakukan adalah menambah gaya pembelajaran lama yang konvensional menjadi cara pembelajaran baru yang menekankan pada pemikiran kritis siswa menggunakan metode questions students have. Penelitian dilakukan dalam dua siklus yang masing-masing siklusnya dilakukan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Untuk mengumpulkan data hasil penelitian digunakan tes prestasi belajar dan untuk menganalisis datanya digunakan analisis deskriptif. Dilihat dari hasil evaluasi yang telah dilakukan terjadi peningkatan dari data awal dengan rata-rata 55,14, ketuntasan belajar 11,43%, pada siklus I rata-ratanya meningkat menjadi 66,71 dengan ketuntasan belajar 22,86% dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 79,51 dengan ketuntasan belajar sebesar 85,71%. Dengan demikian dapat disimpulan bahwa penerapan metode questions students have dapat meningkatkan prestasi belajar menulis peserta didik
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.