UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA HINDU MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD SMP NEGERI 1 SUKASADA

Putu Sukiani

Abstract

Hasil belajar Agama Hindu siswa ditunjukkan berdasarkan hasil observasi awal menunjukkan bahwa pembelajaran yang dilakukan belum berjalan secara maksimal. Oleh karena itu, untuk meningkatkan hasil belajar siswa diperlukan model pembelajaran dengan model dan strategi yang tepat. Salah satunya adalah model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Agama Hindu siswa kelas VIIIC semester genap tahun ajaran 2011/2012 SMP Negeri 1 Sukasada. Lokasi penelitian ini adalah SMP Negeri 1 Sukasada dengan jumlah siswa 35 orang. Data dalam penelitian ini diperoleh dari tes prestasi belajar yang kemudian dilakukan analisis secara deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus dilakukan berdasarkan tahapan: 1) perencanaan, 2) tindakan, 3) observasi, dan 4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menurut hasil observasi awal pembelajaran siswa kurang aktif, mudah jenuh dan perhatian siswa pada penjelasan guru sangat kecil sehingga nilai rata-rata siswa hanya sebesar 75.57 dimana hanya 12 orang siswa dinyatakan tuntas dengan persentase kelulusan sebesar 34%. Setelah tindakan siklus I, penguasaan materi pelajaran meningkat menjadi rata-rata 80.14 dengan siswa tuntas sebanyak 25 orang dan yang belum tuntas sejumlah 10 orang sehingga persentase kelulusan sebesar 71%. Hasil tindakan pada siklus II menunjukkan peningkatan rata-rata sebesar 86 dengan jumlah siswa tuntas sebanyak 33 orang dan 2 orang siswa belum tuntas dengan persentase kelulusan sebesar 94.2%. Persentase ketuntasan belajar pada siklus II ini telah memenuhi indikator keberhasilan yang ditetapkan yakni 80% sehingga penelitian dinyatakan tidak dilanjutkan, dengan kesimpulan bahwa pemanfaatan model pembelajaran koopertif telah mampu dengan baik untuk dijadikan alternatif dalam meningkatkan hasil belajar Agama Hindu siswa.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.