UPAYA YANG MAKSIMAL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN MODEL DIRECT INSTRUCTION PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS V SD NEGERI 1 BANJAR JAWA

Nyoman Darsana

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan prestasi belajar PKN. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar PKN siswa dengan menerapkan model pembelajaran Direct instruction di kelas V SD Negeri 1 Banjar Jawa tahun pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang telah dilakukan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas V sebanyak 33 orang. Objek penelitiannya adalah model pembelajaran Direct instruction. Instrument yang digunakan adalah tes prestasi belajar yang dianalisis secara deskriptif. Dari hasil penelitian diperoleh data nilai rata-rata prestasi belajar siswa pada saat observasi awal dengan rata-rata 73.03 Sedangkan pada siklus I dengan menerapkan model pembelajaran Direct instruction mengalami peningkatan 0.94 poin menjadi 73.97. Sedangkan nilai rata-rata di siklus II meningkat 2 poin dengan rata-rata nilai siswa 75.97. Dari hasil yang telah diperoleh dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Direct instruction terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Banjar Jawa.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.