MEMAKSIMALKAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AGAMA SISWA KELAS X SMK PGRI GEROKGAK

Ni Made Intriani

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di kelas X SMK PGRI Gerokgak. Penelitian ini diupayakan untuk membantu siswa secara aktif dalam menemukan cara-cara penyelesaian yang cepat dan tepat bagi mereka yang mengalami kesulitan dalam mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) mata pelajaran Agama. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Melalui penelitian ini peneliti mencoba menggunakan model pembelajaran Kooperatif STAD untuk mengatasinya, melalui penelitian tindakan kelas model siklus yang meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Objek penelitian adalah siswa kelas X SMK PGRI Gerokgak sebanyak 32 siswa. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukan prestasi belajar siswa dalam proses pembelajaran lebih baik setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif hal itu dapat dilihat dari perbandingan hasil pada obsevasi awal hanya 21,88% siswa yang berhasil mencapai ketuntasan belajar dengan rata-rata 70,50 pada siklus I meningkat menjadi 3,75%, dan siklus II meningkat mencapai 100%. Dari paparan tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatof STAD dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Agama.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.