PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DENGAN METODE SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKN SISWA KELAS VIIB SMP NEGERI GEROKGAK

Made Suparma Hedi

Abstract

Tujuan pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini pada siswa kelas VIIB di SMP Negeri 4 Gerokgak pada semester genap tahun ajaran 2013/2014 adalah untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Problem Solving dengan metode simulasi dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Penelitian tindakan kelas ini melibatkan 35 subjek penelitian yang dilakukan dalam dua siklus melalui tahapan-tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi/pengamatan dan refleksi. Tes prestasi belajar merupakan alat yang digunakan dalam mengumpulkan data hasil penelitian yang selanjutnya dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan peserta didik mengikuti proses pembelajaran dari rata-rata awal 59.49 meningkat menjadi 63.09 pada siklus I dan meningkat menjadi 74.86 pada siklus II dengan ketuntasan belajar awal 37.1% pada siklus I meningkat menjadi 54.3% dan pada siklus II meningkat menjadi 82.9%. Simpulan yang dapat diambil dari hasil tersebut adalah penerapan model pembelajaran Problem Solving dengan metode simulasi dalam pelaksanaan proses pembelajaran para mampu meningkatkan prestasi belajar sesuai harapan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.