UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN MASTERY LEARNING DENGAN METODE LATIHAN (DRILL METHOD)

Ida Ayu Ngurah Mendrawati

Abstract

Penelitian ini berjudul “Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Mastery Learning Dengan Metode Latihan (Drill Method) Pada Siswa Kelas IXB Semester I SMP Negeri 4 Gerokgak Tahun Pelajaran 2014/2015”. Penelitian ini untuk membantu siswa secara aktif dalam menemukan cara-cara penyelesaian yang cepat dan tepat bagi mereka yang mengalami kesulitan dalam mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) mata pelajaran IPS. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Melalui penelitian ini peneliti mencoba menggunakan model pembelajaran Mastery Learning untuk mengatasinya, melalui penelitian tindakan kelas model siklus yang meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Objek penelitian adalah siswa kelas IXB SMP Negeri 4 Gerokgak sebanyak 36 siswa. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukan prestasi belajar siswa dalam proses pembelajaran lebih baik setelah diterapkannya model pembelajaran Mastery Learning, hal ini dapat dilihat dari perbandingan hasil pada obsevasi awal hanya 8.33% siswa yang berhasil mencapai ketuntasan belajar dengan rata-rata 56.44, pada siklus I meningkat menjadi 44.44% dengan rata-rata 69.61, dan siklus II meningkat mencapai 83.33% dengan rata-rata 79. Dari paparan tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Mastery Learning dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.