MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MENULIS BAHASA INDONESIA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MASTERY LEANING DENGAN SNOWBALL THROWING

I Gede Armika

Abstract

Kemampuan siswa di SMP Negeri 1 Gerokgak di Kelas VIII F semester 2 pada mata pelajaran Bahasa Indonesia masih rendah. Sebagian siswa belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Oleh karena itu diperlukan strategi pembelajaran yang tepat. Berkenaan dengan itu peneliti berusaha untuk mencari solusi dan penggunaan metoda yang digunakan dalam penelitian. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran mastery leaning dengan snowball throwing dapat meningkatkan prestasi belajar siswa Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah mastery leaning dengan snowball throwing dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya mencapai nilai rata-rata 70.12 pada siklus I mencapai nilai rata-rata.75,81 dan pada siklus II mencapai nilai rata-rata 81.64. Saran yang diajukan berdasarkan hasil penelitian ini yaitu model pembelajaran Mastery leaning dengan snowball throwing dapat digunakan sebagai alternatif untuk meningkatkan prestasi belajar menulis Bahasa Indonesia.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.