PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM MEMBUAT PROPOSAL USAHA PADA SISWA KELAS XI AKLB SMK NEGERI 1 SINGARAJA SEMESTER GANJIL TAHUN 2018/2019

Dewi Andjar Suprijati

Abstract

Indonesia tampaknya perlu lebih giat lagi menggaungkan aspek-aspek yang dapat membuat negara ini menjadi maju. Salah satu aspek yang perlu digaungkan sejak dini adalah kesadaran akan pentingnya dalam membuat sebuah usaha, baik usaha mandiri maupun kelompok. Jika warga negara Indonesia mampu membuat sebuah usaha, maka kita mampu menyerap banyak SDM yang ada dan akan ikut membantu membangun negara kita ini menuju ke arah Indonesia maju. Pengembangan usaha harus didasari dengan dasar yang kuat, salah satu langkah yang bisa dilakukan yaitu dalam pembuatan proposal usaha. Proposal usaha yang dimaksud adalah kemampuan individu dalam membuat sebuah proposal dan berkaitan dengan usaha yang ingin dibuat. Kemampuan dalam membuat proposal usaha dapat diajarkan sejak SMA/SMK, para siswa diharapkan mampu memiliki pengetahuan mengenai proposal usaha dan diharapkan mampu untuk merealisasikannya. Tujuan utama peneliti dalam membuat PTK ini karena melihat kurangnya minat siswa dalam membuat proposal usaha karena para siswa merasa tidak memahami apa saja yang perlu dibuat dan tidak tahu apa usaha yang akan mereka coba. Oleh karena itu peneliti ingin melakukan PTK untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membuat proposal usaha dengan menggunakan penerapan model pembelajaran berbasis proyek. Model pembelajaran berbasis proyek ini memiliki kelebihan-kelebihan yang diharapkan mampu membantu siswa dalam pengerjaan proposal usaha, yaitu siswa diberikan permasalahan atau tantangan dengan tujuan agar siswa mampu mengetahui hal apa yang saat ini sedang banyak disorot atau sangat besar kebutuhannya, dengan mengetahui hal tersebut maka siswa akan memiliki ide-ide untuk mengajukan proposal usaha sesuai dengan kebutuhan disekitarnya saat ini. Hasil yang diperoleh yaitu terdapat pengaruh pemberian pembelajaran berbasis proyek yang dilakukan dalam upaya peningkatan pada tahap awal jumlah skor masih 54,86 selanjutnya pada siklus I sebesar 65,55 dan siklus II sebesar 81,67. Data ini merupakan bukti bahwa model pembelajaran berbasis proyek berpengaruh terhadap meningkatnya kemampuan dalam membuat proposal usaha. Peran guru selama pendampingan proyek disinyalir menjadi faktor utama keberhasilan tersebut, karena siswa menjadi lebih mudah berinteraksi dengan guru dan menanyakan hal-hal yang tidak diketahui oleh siswa.

Kata Kunci : Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Prestasi Belajar, Proposal Usaha

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.