PENERAPAN KONSELING KELOMPOK UNTUK MEMINIMALISIR KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS XA SMA NEGERI 1 SUKASADA PADA SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Ni Luh Kompiang Oka Pariasih

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan bimbingan dan konseling yang bertujuan untuk meminimalisir kesulitan belajar siswa melalui penerapan konseling kelompok. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X A SMA Negeri 1 Sukasada yang berjumlah 36 orang. Tujuan penelitian ini adalah untuk meminimalisasi kesulitan belajar siswa. Objek penelitiannya adalah penurunan kesulitan belajar siswa setelah diterapkan konseling kelompok. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukan bahwa kesulitan belajar siswa dalam proses pembelajaran mengalami penurunan setelah dilaksanakannya konseling kelompok hal itu dapat dilihat dari perbandingan hasil pada observasi awal terdapat 8 siswa yang memiliki kesulitan belajar pada siklus I setelah dilaksanakan konseling kelompok menurun menjadi 6 siswa dan siklus II sudah tidak ada siswa yang mengalami kesulitan belajar. Dari paparan tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan konseling kelompok dapat meminimalisir kesulitan belajar siswa.
Kata Kunci: Konseling Kelompok, Kesulitan Belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.