PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING MELALUI GOOGLE CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KELAS VIII A SMP N 3 SUKASADA PADA SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Gede Sumitra Jaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan hasil belajar IPS melalui model discovery learning pada google classroom. Penelitian ini dilakukan dengan subjek penelitian kepada peserta didik kelas VIII A di SMP Negeri 3 Sukasada berlokasi Kabupaten Buleleng semester II Tahun Pelajaran 2021/2022 sebanyak 30 peserta didik, terdiri dari 17 laki-laki, 13 perempuan. Metode yang digunakan penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian menggunakan Kemmis dan Mac Taggart yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi dan tes. Dari hasil penelitian pra siklus melalui hasil Penilaian Tengah Semester menunjukkan ketuntasan 13,33%. Kemudian meningkat di siklus I dan siklus II yaitu siklus I ( 63,33%) dan siklus II (96,67%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan penerapan discovery learning melalui google classroom dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII A SMP Negeri 3 Sukasada pada semester genap tahun pelajaran 2021/2022.
Kata Kunci: Discovery Learning, Google Classroom, Hasil Belajar.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.