PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA DAN GLOBALISASI MATA PELAJARAN IPS PESERTA DIDIK IX.8 SMP NEGERI 6 SINGARAJA SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Ni Putu Budiani

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas di SMP Negeri 6 Singaraja bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar aspek pengetahuan dan keterampilan mata pelajaran IPS materi pokok “Perubahan sosial budaya dan globalisasi” peserta didik kelas IX.8 SMP Negeri 6 Singaraja semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023 melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IX.8 SMP Negeri 6 Singaraja semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023 berjumlah 32 orang, 18 orang laki-laki dan 14 orang perempuan. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian adalah tes hasil belajar dan lembar observasi. Data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif dan dinarasikan secara deskriptif. Analisis hasil belajar siklus-1 untuk aspek pengetahuan sebagai berikut : (1) nilai terendah 60, (2) nilai tertinggi 95,00, (3) rata-rata 75,00 (4) peserta didik yang tuntas 81,25%, dan peserta didik yang tidak tuntas 18,75%. Aspek keterampilan; (1) nilai terendah 63,00, (2) nilai tertinggi 88,00, (3) rata-rata 75,20, (4) peserta didik yang tuntas 71,88%, dan peserta didik yang tidak tuntas 28,12%. Analisis hasil belajar siklus-2 untuk aspek pengetahuan sebagai berikut : (1) nilai terendah 60,00, (2) nilai tertinggi 100, (3) rata-rata 77,19, (4) peserta didik yang tuntas 90,62%, dan peserta didik yang tidak tuntas 9,38%. Aspek keterampilan; (1) nilai terendah 63,00, (2) nilai tertinggi 94,00, (3) rata-rata 77,54, (4) peserta didik yang tuntas 87,50%, dan peserta didik yang tidak tuntas 12,50%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, ada peningkatan hasil belajar aspek pengetahuan dan aspek keterampilan mata pelajaran IPS materi pokok “Perubahan sosial budaya dan globalisasi” peserta didik kelas IX.8 SMP Negeri 6 Singaraja semester ganjil tahun pelajarann 2022/2023 melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah.
Kata kunci: model pembelajaran berbasis masalah, hasil belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.