PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VI SEMESTER I SD NEGERI 3 PEDUNGAN TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Ni Putu Masri Erawati

Abstract

Kemajuan mutu pendidikan utamanya peningkatan proses pembelajaran yang dilakukan guru di sekolah akan mampu diupayakan lewat sebuah penelitian tindakan. Oleh karenanya penulis mencoba melakukan penelitian ini demi adanya upaya perbaikan tersebut. Tujuan tersebut lebih jelas lagi dan lebih terfokus lagi adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini mengambil objek pada Kelas VI Semester I SD Negeri 3 Pedungan Tahun Pelajaran 2020/2021. Peningkatan prestasi belajar tersebut datanya diperoleh lewat pemberian tes, setelah data diperoleh, selanjutnya dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Perolehan data hasil penelitian ini, ternyata menggembirakan setelah cara pembelajaran yang konvensional diubah menggunakan model Inquiry. Kegiatan penelitian ini menghasilkan suatu peningkatan yang diharapkan yaitu meningkatnya perolehan data awal yang baru mencapai 63,35 dengan ketuntasan belajar 57% pada siklus I naik menjadi 74,78 dengan ketuntasan belajar 78%, dan pada siklus II naik menjadi 81,61 dengan ketuntasan belajar 100%. Hasil tersebut membuktikan keberhasilan penelitian ini sehingga peneliti berkesimpulan bahwa penerapan Model Inquiry dalam pelaksanaan proses pembelajaran mampu meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia. Siswa Kelas VI Semester I SD Negeri 3 Pedungan Tahun Ajaran 2020/2021.
Kata kunci : Model Pembelajaran Inquiry, Prestasi Belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.