IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN DICOVERY LEARNING BERBANTUAN APLIKASI QUIZIZZ UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS VI B SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2020/2021 I SD NEGERI 18 DANGIN PURI

Ni Ketut Yuniati

Abstract

Terpacu oleh rendahnya prestasi belajar siswa kelas VI B SD Negeri 18 Dangin Puri yaitu 63,47 dan masih di bawah KKM yang dituntut, membuat peneliti giat melakukan perbaikan. Sebagian besar siswa belum mampu mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan. Oleh karena itu, diperlukan strategi pembelajaran yang tepat. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua tahap yakni siklus I dan siklus II. Pengumpulan data menggunakan tes prestasi belajar. Teknik analisis data berupa analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learnnig berbantuan aplikasi Quizizz dalam mata pelajaran IPA telah membuat prestasi siswa menjadi meningkat. Hal ini ditunjukkan dengan melihat adanya peningkatan prestasi belajar dari data awal nilai rata-rata sebesar 63,47 pada siklus I rata-rata meningkat menjadi 74,14 Pada siklus II prestasi belajar siswa juga mengalami peningkatan menjadi 80,28 dari siklus I. Ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkatan dari 47% pada data awal menjadi 72% pada siklus I dan pada siklus II ketuntasan juga mengalami peningkatan menjadi 100%. Saran yang diajukan berdasarkan hasil penelitian yaitu model pembelajaran Discovery Learning berbantuan aplikasi Quizizz dapat digunakan sebagai alternatif untuk meningkatkan prestasi belajar IPA.
Kata kunci : model pembelajaran discovery learning, aplikasi quizizz, prestasi belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.