USAHA MAKSIMAL IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KUANTUM UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI SISWA KELAS IV SD NEGERI 5 TONJA SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Ni Ketut Rinjani

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada siswa Kelas IV di SD Negeri 5 Tonja pada Semester I yang prestasi belajarnya masih rendah. Tujuan dilakukan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan Model Pembelajaran Kuantum dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Penelitian tindakan kelas ini yang dilakukan dalam dua siklus melalui tahapan-tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi/pengamatan dan refleksi. Tes prestasi belajar merupakan alat yang digunakan dalam mengumpulkan data hasil penelitian yang selanjutnya dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan peserta didik mengikuti proses pembelajaran dari rata-rata awal 63,23 meningkat menjadi 77,50 pada siklus I dan meningkat menjadi 86,27 pada siklus II dengan ketuntasan belajar awal 32% pada siklus I meningkat menjadi 77 % dan pada siklus II meningkat menjadi 100%. Simpulan yang dapat diambil dari hasil tersebut adalah penerapan model pembelajaran kuantum dalam pelaksanaan proses pembelajaran mampu meningkatkan prestasi belajar siswa.
Kata kunci : Model Pembelajaran Kuantum, Prestasi Belajar Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.