IMPLEMENTASI PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS IX-C SMP NEGERI 6 TEJAKULA SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2021/2022

I Nyoman Kartika Awan

Abstract

Penelitian tindakan ini dilaksanakan di SMP Negeri 6 Tejakula bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar aspek pengetahuan dan keterampilan mata pelajaran IPS peserta didik kelas IX-C SMP Negeri 6 Tejakula semester genap tahun pelajaran 2021/2022 melalui impelementasi model pembelajaran berbasis masalah. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IX-C SMP Negeri 6 Tejakula semester genap tahun pelajaran 2021/2022 berjumlah 27 orang, 16 orang laki-laki dan 11 orang perempuan. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian adalah tes hasil belajar dan lembar observasi. Data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif dan dinarasikan secara deskriptif. Analisis hasil belajar siklus-1 untuk aspek pengetahuan sebagai berikut : (1) nilai terendah 45,00, (2) nilai tertinggi 90,00, (3) rata-rata 65,93, (4) peserta didik yang tuntas 77,78%, dan peserta didik yang tidak tuntas 22,22%. Aspek keterampilan; (1) nilai terendah 50,00, (2) nilai tertinggi 85,00, (3) rata-rata 81,03, (4) peserta didik yang tuntas 70,37%, dan peserta didik yang tidak tuntas 29,63%. Analisis hasil belajar siklus-2 untuk aspek pengetahuan sebagai berikut : (1) nilai terendah 50,00, (2) nilai tertinggi 95,00, (3) rata-rata 70,19, (4) peserta didik yang tuntas 92,59%, dan peserta didik yang tidak tuntas 9,41%. Aspek keterampilan; (1) nilai terendah 52,00, (2) nilai tertinggi 85,00, (3) rata-rata 69,44, (4) peserta didik yang tuntas 85,19%, dan peserta didik yang tidak tuntas 14,81%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, terjadi peningkatan hasil belajar aspek pengetahuan dan aspek keterampilan mata pelajaran IPS peserta didik kelas IX-C SMP Negeri 6 Tejakula semester genap tahun pelajarann 2021/2022 melalui implementasi pembelajaran berbasis masalah.
Kata kunci : model pembelajaran berbasis masalah, hasil belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.