UPAYA PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS HASIL BELAJAR IPA TERPADU DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC SISWA KELAS III SD NEGERI 11 PADANGSAMBIAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Tjitjik Lily Anna

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah Untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan prestasi belajar siswa kelas III SD Negeri 11 Padangsambian mengenai pelajaran IPA melalui pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 11 Padangsambian yang berjumlah 42 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah (1)Lembar pedoman observasi menggunakan lima kriteria yaitu : sangat aktif, aktif, cukup aktif dan tidak aktif (A.A. Gede Agung, 1997:68),(2) metode tes yang dibuat peneliti, (3) Metode analisis data digunakan metode statistik deskriptif (Nurkencana dan Sumertana,1992 : 97). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka ada peningkatan prestasi belajar siswa kelas III SD Negeri 11 Padangsambian. Rata-rata skor siswa meningkat dari 61,31 pada prasiklus menjadi 70,37 pada siklus II, dengan prosentase peningkatan sebesar 9,06%. Ketuntasan Belajar meningkat dari 51,16% pada prasiklus menjadi 92,86% pada siklus II, dengan prosentase peningkatan sebesar 41,70%. Daya serap siswa meningkat 61,31% pada pra siklus menjadi 92,86% pada siklus II, dengan prosentase peningkatan sebesar 31,55%.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.