STRATEGI MIND MAPPING/PETA PIKIRAN DIGIATKAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS XIIB USAHA PERJALANAN WISATA SMK NEGERI 1 SINGARAJA SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Ketut Suartini

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di SMK Negeri 1 Singaraja dengan tujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran di kelas. Proses pembelajaran yang telah dilakukan dengan cara konvensional ternyata menghasilkan kemampuan penyerapan ilmu yang rendah. hal ini terbukti dari nilai ketuntasan belajar siswa kelas XIIB Usaha PerjalananWisata pada semester II tahun ajaran 2021/2022 baru mencapai 69,74. Ketidakberhasilan guru dalam mengajar merupakan faktor yang harus diubah sehingga peneliti mencoba melakukan proses pembelajaran menggunakan strategi Mind Mapping/Peta Pikiran. Setiap kali selesai melakukan proses pembelajaran, data dikumpulkan dengan instrumen obsevasi menulis, lalu dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil yang diperoleh selama pelaksanaan penelitian ini adalah terjadinya peningkatan prestasi belajar dari data sebelum pelaksanaan siklus. Pada siklus I nilai rata-rata kelas sudah mencapai 75,95 dengan ketuntasan belajar 71,05%, dan pada siklus II telah diperoleh kenaikan menjadi rata-rata 85 dengan ketuntasan belajar 92,11%. Simpulan akhir yang dapat disampaikan adalah bahwa penerapan strategi Mind Mapping/Peta Pikiran Mampu meningkakant prestasi belajar siswa.

Full Text:

PDF

References

Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, dan Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara

Arikunto, Suharsimi,Suhardjono, dan Supardi. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Buzan, Tony. 2012. Buku Pintar Mind Map. Jakarta: Gramedia

Jumanto. 2010. Peningkatan Kemampuan Menulis Cerita Melalui Metode (Mind Mapping) pada Siswa Kelas IV SD Negeri Sondakan No. 11 Surakarta. Skripsi. Surakarta: Tidak Diterbitkan

Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo. Masmedia Buana Pustaka

Refbacks

  • There are currently no refbacks.