MODEL MASTERY LEARNING DENGAN DIBANTU TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA

Ni Nyoman Nelly Aristiyanthi

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMP Satu Atap Negeri 1 Banjar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Perolehan data awal yang rendah pada siswa kelas VII A SMP Satu Atap Negeri 1 Banjar pada semester II tahun pelajaran 2014/2015 membuat peneliti mengupayakan membenahi proses yang kurang baik yang telah dilaksanakan. Perbaikan proses pembelajaran dilakukan melalui penerapan model pembelajaran Mastery Learning dengan dibantu tutor sebaya. Model ini diharapkan dapat memecahkan permasalahan yang sedang dihadapi. Setelah data dikumpulkan melalui instrumen tes prestasi belajar, diperoleh peningkatan hasil belajar dengan data awal yang rata-rata kelasnya yaitu mencapai 57,35. Dengan prosentase ketuntasan belajar baru mencapai 13,33 %, pada siklus I meningkat menjadi 73,24 rata-rata kelas dan 20,59 % untuk ketuntasan belajarnya. Sedangkan pada siklus II data tersebut telah meningkat menjadi 80,88 rata-rata kelasnya dan 85,29% ketuntasan belajarnya. Data pada siklus II ini sudah menunjukkan keberhasilan pelaksanaan pembelajaran yang melebihi indikator yang dipersyaratkan. Oleh karenanya peneliti berkesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran Mastery Learning dengan dibantu tutor sebaya dalam melaksanakan proses pembelajaran mampu meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Peningkatan tersebut membuktikan bahwa penelitian yang dilakukan sudah berhasil.

Full Text:

PDF

References

Arikunto, Suharsimi; Suhardjono; Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Azizah, Rizka. 2010. Skripsi. Pengaruh Model Pembelajaran Tutor Sebaya terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan : Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Depdiknas. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

Gagne, Robert M. 1977. The Conditions of Learning. Third Edition. New York:Holt, Reinhart and Winston.

Hamalik, Oemar. 2002. Psikologi Belajar dan Mengajar.Bandung : Sinar Baru.

Hamzah B.Uno,dkk. 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT. Bumi Aksara. http://pgmionemode.blogspot.com/2012/05/penerapan-pembelajaran-tuntasmastery.html

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 41 Tahun 2007 Tanggal 23 November 2007. Jakarta : Depdiknas.

Sabaruddin, 2009. Skripsi. Peranan Metode Tutor Sebaya dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 5 SDN Inpres Karawa Kab. Pinrang pada Pokok Bahasan KPK dan FPB. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar.

Sayodih, Nana. 2007. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Suherman, Erman. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Common Textbook. Edisi Revisi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Suryabrata, Sumadi. 2006. Psikologi Kepribadian. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Zaenal Arifin. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Refbacks

  • There are currently no refbacks.