PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT-BASED LEARNING BERBANTUAN LKPD UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PRAKTIKUM AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA, DAGANG DAN MANUFAKTUR SISWA KELAS XIID AKL SMK NEGERI 1 SINGARAJA PADA SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Noer Endah Pramudji Setyaningrum

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model project-based learning berbantuan LKPD dapat meningkatkan prestasi belajar Praktikum Akuntansi Perusahaan Jasa, Dagang dan Manufaktur siswa Kelas XIID AKL SMK Negeri 1 Singaraja pada semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan 34 orang siswa kelas XIID AKL SMK Negeri 1 Singaraja sebagai subjek penelitian. Metode pengumpulan data menggunakan tes prestasi belajar sedangkan metode analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Penelitian dilaksanakan melalui dua siklus dari bulan Januari hingga Maret 2023. Setelah dilakukan analisis dari data yang telah terkumpul diperoleh peningkatan hasil dari rata-rata awal 63,82 dengan ketuntasan belajar 38,24% menjadi 73,44 (ratarata) dan 73,53% (persentase ketuntasan belajar) pada siklus I dan menjadi 83,68 (rata-rata) dengan ketuntasan belajar sebesar 88,24% pada siklus II. Dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa model project-based learning berbantuan LKPD mampu meningkatkan hasil belajar siswa Kelas XIID AKL SMK Negeri 1 Singaraja semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Hasil itu telah membuktikan bahwa hipotesis yang disampaikan dapat diterima.

Full Text:

PDF

References

Afriana, Jaka. 2015. Project Based Learning (PjBL). Makalah untuk Tugas Mata Kuliah Pembelajaran IPA Terpadu. Program Studi Pendidikan IPA Sekolah Pascasarjana. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.

Depdiknas. 2011. Membimbing Guru Dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Dirjen PMPTK

Djamarah. 1994. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional

Goodman, Brandon and Stivers, J. 2010. Project-Based Learning. Educational Psychology. ESPY 505

Grant, M.M. 2002. Getting A Grip of Project Based Learning: Theory, Cases and Recommendation. North Carolina: Meredian A Middle School Computer Technologies. Journal Vol. 5.

Prastowo, Hariadi. 2011. Dasar-Dasar Perkembangan Lembaran Peserta Didik. Bandung : Bumi Aksara. 2011

Pratiwi, Rizky. 2015. Penerapan Model Project Based Learning Berbantuan LKS Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA.

http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php article=373275&val=

&title=PROJECT%20BASED%20LEARNING%20BERBANTUAN

%20LKS%20UNTUK%20MENINGKATKAN%20AKTIVITAS%20DAN

%20HASIL%20BELAJAR%20IPA

Saputri, Fauzi. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan LKS Pada Materi Asam Basa untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMA Batik 2 Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019.

https://jurnal.uns.ac.id/JPKim/article/download/33906/29070

Sardiman,A.M. 1988. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar Pedoman bagi Guru dan Calon Guru. Jakarta: Rajawali Pers

Refbacks

  • There are currently no refbacks.