PENERAPAN STRATEGI TUTOR SEBAYA DENGAN PEMODELAN SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS X AKL E SMK NEGERI 1 SINGARAJA SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2022/2023
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, Abu dan Joko. 2004. Psikologi Belajar Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi; Suhardjono; Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Depdiknas. 2011. Membimbing Guru dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Menjaminan Mutu Pendidikan.
Hidayati, Anita Lie. 2004. Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo.
Makarao, Nurul Ramadhani. 2009. Metode Mengajar dalam Berbagai Bidang. Bandung: ALfabeta.
Muriawan, Muhammad Ismail. 2012. Penggunaan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VI SDN 2 Carikan Kecamatan Juwiring Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Tersedia di http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21495
Nurhidayati, Dewi. 2017. Pengaruh Pemodelan Terhadap Motivasi Berprestasi Siswa Sekolah Menengah Tingkat Pertama. Program Pendidikan Magister Psikologi Profesi, Fakultas Psikologi. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Online http://eprints.ums.ac.id/57321/15/NASPUB-4.pdf.
Sanjaya, Wina. 2013. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana Prenada Media: Jakarta.
Suherman, Erman, dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: UPI.
Uno, B. Hamzah, dkk. 2011. Menjadi Peneliti PTK Yang Profesional. Jakarta: Bumi Aksara.
Yusuf, Muhammad. 2009. Upaya meningkatkan pembelajaran Bahasa Indonesia dengan penerapan penggunaan metode diskusi kelompok model tutor sebaya. Majalengka: UPTD Pendidikan Kecamatan Cikijing. Tersedia di
https://www.academia.edu/34586803/Tutor_Sebaya_Bahasa_Ind
Refbacks
- There are currently no refbacks.