PENERAPAN STRATEGI TUTOR SEBAYA DENGAN PEMODELAN SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS X AKL E SMK NEGERI 1 SINGARAJA SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Anak Agung Rai Setiawati

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui penerapan strategi tutor sebaya dengan pemodelan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X AKL E yang berjumlah 37 orang. Data hasil penelitian ini dikumpulkan dengan cara pemberian tes hasil belajar. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis deskriptif. Berdasarkan data awal diperoleh kondisi hasil belajar Bahasa Indonesia siswa masih rendah dengan rata-rata kelas baru mencapai nilai 59,08 dan ketuntasan belajarnya baru mencapai 54,05%. Hasil yang diperoleh pada kondisi awal ini masih belum sesuai harapan mengingat KKM mata pelajaran Bahasa Indonesia yaitu 60. Setelah diberikan Tindakan melalui penerpan strategi tutor sebaya dengan pemodelan, rata-rata kelas pada siklus I sudah mengalami peningkatan yaitu mencapai 66,81 namun prosentase ketuntasan belajar masih dibawah indikator keberhasilan penelitian yaitu baru mencapai 78,38%. Oleh karena itu penelitian dilanjutkan pada siklus II dan memperoleh rata-rata kelas sebesar 76,38 dengan prosentase ketuntasan belajarnya sudah mencapai 100%. Hasil belajar siswa pada Siklus II ini sudah sesuai harapan, sehingga simpulan yang diperoleh adalah penerapan strategi tutor sebaya dengan pemodelan dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa

Full Text:

PDF

References

Ahmadi, Abu dan Joko. 2004. Psikologi Belajar Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi; Suhardjono; Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Depdiknas. 2011. Membimbing Guru dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Menjaminan Mutu Pendidikan.

Hidayati, Anita Lie. 2004. Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo.

Makarao, Nurul Ramadhani. 2009. Metode Mengajar dalam Berbagai Bidang. Bandung: ALfabeta.

Muriawan, Muhammad Ismail. 2012. Penggunaan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VI SDN 2 Carikan Kecamatan Juwiring Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Tersedia di http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21495

Nurhidayati, Dewi. 2017. Pengaruh Pemodelan Terhadap Motivasi Berprestasi Siswa Sekolah Menengah Tingkat Pertama. Program Pendidikan Magister Psikologi Profesi, Fakultas Psikologi. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Online http://eprints.ums.ac.id/57321/15/NASPUB-4.pdf.

Sanjaya, Wina. 2013. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana Prenada Media: Jakarta.

Suherman, Erman, dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: UPI.

Uno, B. Hamzah, dkk. 2011. Menjadi Peneliti PTK Yang Profesional. Jakarta: Bumi Aksara.

Yusuf, Muhammad. 2009. Upaya meningkatkan pembelajaran Bahasa Indonesia dengan penerapan penggunaan metode diskusi kelompok model tutor sebaya. Majalengka: UPTD Pendidikan Kecamatan Cikijing. Tersedia di

https://www.academia.edu/34586803/Tutor_Sebaya_Bahasa_Ind

Refbacks

  • There are currently no refbacks.