MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA TEKS PENYERTA GAMBAR (CAPTION) DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) PADA SISWA KELAS XII MIPA 1 SMAN 1 KUBUTAMBAHAN TAHUN PELAJARAN 2022-2023

Ni Luh Manik Sari

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini merupakan upaya untuk meningkatan hasil belajar siswa dalam kerja kelompok. Di samping itu, penelitian ini juga dimaksudkan untuk menemukan faktor pendorong dan penghambat selama pelaksanaan pembelajaran Bahasa Inggris di SMA Negeri 1 Kubutambahan. Dengan demikian, penelitian ini lebih bersifat tindakan untuk mengatasi masalah pembelajaran yang terjadi di kelas yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menerapkan pembelajaran kooperatif model CIRC dipandang dapat memperbaiki dan meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris khususnya pada pokok bahasan Teks Khusus berbentuk Caption bagi peserta didik SMA Negeri 1 Kubutambahan. Pada penelitian ini terdapat dua siklus yang dilakukan dan setiap siklus terdiri-dari empat tahapan; Perencanaan, Tindakan, Pengamatan dan Refleksi. Data dikumpulkan melalui tiga instrument yaitu; tes tulis, lembar observasi dan wawancara. Data yang didapatkan akan dianalisis secara kuantitatif maupun secara kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe CIRC sangat efektif untuk meningkatkan prestasi siswa kelas XII MIPA 1 SMA Negeri 1 Kubutambahan dalam membaca teks khusus berbentuk Caption. Setelah dua siklus dilaksanakan, didapatkan sebuah peningkatan rata-rata nilai siswa dari tes awal yaitu 58.75, dan ketuntasan klasikal 21,88 % dengan kriteria Rendah. Setelah mendapatkan perlakuan pembelajaran kooperatif tipe CIRC yang dimulai dari siklus I, nilai rata-rata yang diperoleh adalah 76.56 dan ketuntasan klasikal 65.63 % dengan kriteria Rendah. Ini berarti bahwa terdapat peningkatan nilai rata-rata siswa jika dibandingkan dengan nilai rata-rata pada tes awal. Indikator keberhasilan yang menjadi target penulis adalah 80% ketuntasan secara klasikal. Pada siklus II, nilai rata-rata yang diperoleh adalah 81.56. Siklus ini dihentikan karena hasil belajar siswa sudah mencapai diatas 70 baik secara individual maupun secara ketuntasan klasikal yaitu 84.37 % dengan kriteria Tinggi dan masalah yang dihadapi siswa telah dipecahkan

Full Text:

PDF

References

Jasmine, Julia. 2007. Panduan Praktis Mengajar Berbasis Multiple Intelligences. Bandung: Nuansa

Kemmis, S. & Mc. Taggart, R. 1988. The Action Research Planner. Victoria: Deakin. University Press

Slavin, R. 1995. Cooperative Learning: Theory, research, and Practise. Boston : Allyand and Bacon Publishers

Refbacks

  • There are currently no refbacks.