PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MASTERY LEARNING SECARA OPTIMAL SEBAGAI ACUAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA
Abstract
Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Mastery learning dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran IPA. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Seririt pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus melalui tahapan-tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi/pengamatan dan refleksi. Tes prestasi belajar merupakan alat yang digunakan dalam mengumpulkan data hasil penelitian yang selanjutnya dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan peserta didik mengikuti proses pembelajaran dari rata-rata awal 69,34 meningkat menjadi 71,41 pada siklus I dan meningkat menjadi 78,91 pada siklus II dengan ketuntasan belajar awal 63% pada siklus I meningkat menjadi 68,75% dan pada siklus II meningkat menjadi 90,63%. Simpulan yang dapat diambil dari hasil tersebut adalah penerapan model pembelajaran Mastery learning secara optimal sebagai acuan dalam pelaksanaan proses pembelajaran para siswa mampu meningkatkan prestasi belajar sesuai yang diharapkan.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.