DISKUSI KELOMPOK TERFOKUS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU EKONOMI DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SESUAI KURIKULUM 2013 DI SMA NEGERI KABUPATEN BULELENG

Ketut Artana

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMA Saraswati Seririt, SMA PGRI Seririt dan SMAN 1 Seririt, SMAN 2 Banjar serta SMAN 1 dan 2 Gerokgak. Tujuan penelitian tindakan sekolah ini adalah untuk mengetahui apakah strategi diskusi kelompok dapat meningkatkan kemampuan guru ekonomi dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) sesuai kurikulum 2013.Metode pengumpulan datanya adalah studi dokumen. Metode analisis datanya adalah deskriptif untuk data kuantitatif. Dalam penelitian ini peneliti mengarahkan guru untuk mendiskusikan dalam kelompok dengan focus pada komponen RPP yang menjadi permasalahan dan perlu penyempurnaan dalam menyusun RPP sesuai standar kurikulum 2013.Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa diskusi kelompok terfokus dapat meningkatkan kemampuan guru-guru ekonomi dalam menyusun RPP sesuai kurikulum 2013. mencapai rata-rata peningkatan sebesar 25 atau 38% yaitu dari nilai rata-rata 65 dari data awal menjadi 90 pada siklus II. Peningkatan ini terjadi pada semua guru ekonomi di 6 (enam) SMA Kabupaten Buleleng.Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah diskusi kelompok terfokus dapat meningkatkan kemampuan guru-guru ekonomi dalam menyusun RPP sesuai kurikulum 2013.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.