MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI DIBANTU ALAT PERAGA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKN SISWA KELAS II SEMESTER I SD NEGERI 11 PADANGSAMBIAN TAHUN AJARAN 2016/2017

Ni Nyoman Pontri

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 11 Padangsambian di Kelas II yang kemampuan siswanya untuk cukup rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas II ini adalah untuk mengetahui apakah Model pembelajaran inquiri dapat meningkatkan prestasi belajar PKn siswa kelas II semester 1 SD Negeri 11 Padangsambian Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar PKn. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran inquiri dapat meningkatkan prestasi belajar PKn siswa.Ini terbukti dari hasil rata-rata yang diperoleh pada Pra siklus 63,22 dengan prsentase ketuntasan 46,67%, pada siklus I menjadi 67,89 dengan presentase 64,44%, dan pada siklus II rata-rata menjadi 72,78 dengan prsentase 93,33%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran inquiri dapat meningkatkan prestasi belajar PKn kelas II di SD Negeri 11 Padangsambian.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.