METODE DISKUSI KELOMPOK KECIL SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NO. 2 SERIRIT

I Wayan Saniasa

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode diskusi kelompok kecil dalam meningkatkan prestasi belajar IPA siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan rancangan siklustis. Dalam penelitian ini digunakan subjek penelitian sebanyak 25 siswa, yang diambil dari siswa kelas IV yang tidak memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM). Objek penelitian yang disasar adalah prestasi belajar IPA siswa. Setelah data terkumpul, kemudian dianalisis dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan peningkatan rerata hasil belajar IPA dari prasiklus ke siklus I sebesar 2,44 poin, prasiklus ke siklus II sebesar 11,00 poin, dan siklus I ke siklus II sebesar 8,56 poin. Berpijak atas hasil analisis data ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode diskusi kelompok kecil dapat meningkatkan prestasi belajar IPA siswa.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.