PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PENJASORKES LEWAT MODEL PEMBELAJARAN EKSPOSITORY DENGAN PEMBERIAN TUGAS PENGULANGAN

Ni Luh Sari Merta

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan di SD NO 1 Pemaron pada kelas V semester I tahun ajaran 2011/2012 bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran Penjas Orkes menggunakan model pembelajaran Ekposiotry dengan pemberian tugas pengulangan Data hasil penelitian ini dikumpulkan dengan cara pemberian tes prestasi belajar. Dalam menganalisis data yang diperoleh digunakan metode analisis deskriptif. Data yang dihasilkan dari penelitian ini terdiri dari data awal, data siklus I dan data Siklus II. Dari data awal diperoleh rata-rata kelas baru mencapai nilai 69,2 dan ketuntasan belajarnya baru mencapai 65%. Data ini jauh di bawah harapan mengingat KKM mata pelajaran Penjas Orkes di sekolah ini adalah 70 Pada siklus I sudah terjadi peningkatan yaitu rata-rata kelasnya mencapai 69,7 dan prosentase ketuntasan belajar mencapai 65% Pada siklus II perolehan rata-rata kelas sudah mencapai 73,8 dan persentase ketuntasan belajarnya sudah mencapai 100%. Data pada Siklus II ini sudah sesuai harapan akibat penggunaan model pembelajaran yang sifatnya konstruktivis. Simpulan yang diperoleh adalah model pembelajaran Ekpository dengan pemberian tugas pengulangan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.