PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN LINGKUNGAN SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS I SEMESTER II SD NEGERI 11 PADANGSAMBIAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Ni Ketut Murdini

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 11 Padangsambian di Kelas I-C yang kemampuan ketrampilan membaca siswanya cukup rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan Kelas I-C ini adalah untuk mengetahui apakah Model Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Lingkungan Sekolah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas I Semester II SD Negeri 11 Padangsambian Tahun Pelajaran 2014/2015. Metode pengumpulan datanya adalah tes pilihan ganda. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah model Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Lingkungan Sekolah dapat Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas I Semester II SD Negeri 11 Padangsambian Tahun Pelajaran 2014/2015. Ini terbukti dari hasil rata-rata yang diperoleh pada Pra siklus 61,31 dengan prsentase ketuntasan 40,48%, pada siklus I menjadi 66,43 dengan presentase 64,29%, dan pada siklus II rata-rata menjadi 70,36 dengan prsentase 90,48%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah model Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Lingkungan Sekolah dapat Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas I Semester II SD Negeri 11 Padangsambian Tahun Pelajaran 2014/2015.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.