MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IX D DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI
Abstract
Sebagian besar siswa kelas IX D SMP Negeri 2 Seririt belum mencapai tingkat ketuntasan belajar yang ditetapkan di sekolah ini yaitu 75. Dari kekurangan yang ada di lapangan tersebut, peneliti mengupayakan sebuah kajian ilmiah dengan melakukan penelitian tindakan kelas. Tujuan penelitian yang dilakukan ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Inkuiri dalam proses belajar mengajar mampu meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian yang dilakukan sesuai dengan tujuan di atas menggunakan tes prestasi belajar sebagai alat pengumpul datanya dan menggunakan analisis deskriptif sebagai alat untuk menganalisis hasil data penelitian. Setelah dilakukan analisis diperoleh peningkatan hasil dari dari data awal yang rata-ratanya 67,33 dengan ketuntasan belajar 33,33% meningkat pada siklus I menjadi rata-rata 72,33 dengan ketuntasan 75% dan pada siklus II meningkat lagi menjadi rata-arata 79,58 dengan ketuntasan 87,50%. Hasil tersebut telah membuktikan keberhasilan penelitian yang dilakukan sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Inkuiri mampu meningkatkan prestasi belajar siswa. Hasil itu membuktikan bahwa hipotesis yang disampaikan dapat diterima.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.