DEMONSTRASI BERBANTUAN MEDIA GAMBAR ALTERNATIF UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AGAMA HINDU
Abstract
Penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SD Negeri 2 Klumpu di kelas IV pada semester I tahun ajaran 2012/2013 bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran Agama Hindu menggunakan metode demonstrasi berbantuan media gambar. Data hasil penelitian ini dikumpulkan dengan cara pemberian tes prestasi belajar. Dalam menganalisis data yang diperoleh digunakan metode analisis deskriptif. Data yang dihasilkan dari penelitian ini terdiri dari data awal, data siklus I dan data Siklus II. Dari data awal diperoleh rata-rata kelas baru mencapai nilai rata-rata 57 dan ketuntasan belajarnya baru mencapai 44%. Data ini jauh di bawah harapan mengingat KKM mata pelajaran Agama Hindu di sekolah ini adalah 70. Pada siklus I sudah terjadi peningkatan yaitu rata-rata kelasnya mencapai 60,56 dan prosentase ketuntasan belajar mencapai 72% Pada siklus II perolehan rata-rata kelas sudah mencapai 70,83 dan persentase ketuntasan belajarnya sudah mencapai 94%. Data pada Siklus II ini sudah sesuai harapan akibat penggunaan model pembelajaran yang sifatnya konstruktivis. Simpulan yang diperoleh adalah metode demonstrasi berbantuan media gambar dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada pelajaran Agama Hindu.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.