PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRYUNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA

I Made Sirsa

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Inquiry dapat meningkatkan prestasi Belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas XI Akutansi I semester ganjil tahun ajaran 2012/2013 di SMK Negeri 2 Seririt. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas XI Akutansi I dengan jumlah siswa 34 orang. Pada awalnya kemampuan siswanya untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia belum memenuhi persyaratan ketuntasan minimal yang telah ditetapkan oleh sekolah. Sejumlah data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran Inquiry dapat meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas XI Akutansi 1 semester ganjil tahun ajaran 2012/2013. Ini terbukti pada awalnya sebelum penelitian dilaksanakannilai prestasi belajar bahasa Indonesianya hanya mencapai rata-rata 68 dengan ketuntasan 50 %, pada siklus I setelah diberikan tindakan dengan menggunakan model inquiry rata-ratanya menjadi 70 dengan ketuntasan belajar 76%, dan pada siklus II rata-rata nilainya mencapai 73 dengan ketuntasan klasikalnya mencapai 88%. Hasil ini menunjukkan bahwa capaian ketuntasan belajar siswa telah melampaui batas ketuntasan minimal yaitu 80%. Berdasarkan temuan di atas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Inquiry dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI Akutansi I pada semester ganjil tahun pelajaran 2012/2013 di SMK Negeri 2 Seririt .

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.