CERAMAH INTERAKTIF DAN DEMONSTRASI DENGAN MEDIA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA
Abstract
Penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SD Negeri 2 Klumpu kelas V pada semester II tahun ajaran 2012/2013 bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran matematika dengan menggunakan metode ceramah interaktif dan demonstrasi. Data hasil penelitian ini dikumpulkan dengan cara pemberian tes prestasi belajar. Dalam menganalisis data yang diperoleh digunakan metode analisis deskriptif. Data yang dihasilkan dari penelitian ini terdiri dari data awal, data siklus I dan data Siklus II. Dari data awal diperoleh rata-rata kelas baru mencapai nilai 53,18 dengan ketuntasan belajar baru mencapai 36%. Data ini jauh di bawah harapan mengingat KKM mata pelajaran matematika di sekolah ini adalah 60. Pada siklus I sudah terjadi peningkatan yaitu rata-rata kelasnya mencapai 63,09 dengan persentase ketuntasan belajar 64%. Pada siklus II perolehan rata-rata kelas sudah mencapai 70,00 dengan persentase ketuntasan belajar 91%. Data pada Siklus II ini sudah sesuai harapan akibat penggunaan metode pembelajaran yang digunakan bersifat konstruktivis. Simpulan yang diperoleh adalah metode ceramah interaktif dan demonstrasi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.