DISKUSI KELOMPOK KECIL DENGAN KERJASAMA DAN BEKERJA BERSAMA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA

Desak Ketut Widiastiti

Abstract

Peningkatan proses pembelajaran yang dilakukan guru di sekolah akan mampu diupayakan lewat sebuah penelitian tindakan kelas. Oleh karena itu penulis mencoba melakukan penelitian, demi adanya upaya perbaikan tersebut. Tujuannya tersebut lebih jelas dan lebih terfokus untuk meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa. Penelitian ini mengambil objek pada kelas IV di Sekolah Dasar Negeri 6 Kutampi yang belajar pada semester I tahun pelajaran 2012/2013. Peningkatan prestasi belajar tersebut datanya diperoleh lewat pemberian tes, setelah data diperoleh, selanjutnya dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Perolehan data hasil penelitian ini, ternyata memotivasi guru untuk merubah cara pembelajaran yang konvensional menggunakan metode diskusi kelompok kecil. Kegiatan penelitian ini menghasilkan suatu peningkatan hasil belajar yang diharapkan yaitu data awal menunjukkan bahwa dari jumlah siswa sebanyak 17 orang siswa baru 7 orang siswa tuntas dalam belajar dengan persentase ketuntasan belajar 41,17%, pada siklus I naik menjadi 12 orang siswa dengan persentase ketuntasan belajar 70,58%, dan pada siklus II menjadi 16 orang siswa dengan persentase ketuntasan belajar 94,11%. Hasil tersebut membuktikan keberhasilan penelitian ini sehingga peneliti berkesimpulan bahwa penerapan metode diskusi kelompok kecil dalam pelaksanaan proses pembelajaran mampu meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV di Sekolah Dasar Negeri 6 Kutampi.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.