IMPLEMENTASI SUPERVISI INDIVIDUAL SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DI GUGUS XI KECAMATAN BULELENG DALAM MELAKSANAKAN PROSES PEMBELAJARAN
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan guru-guru di gugus XI Kecamatan Buleleng dalam melaksanakan proses pembelajaran pada semester I tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan yang terfokus pada pada penelitian tindakan sekolah. Subyek dalam penelitian ini adalah guru-guru di gugus XI Kabupaten Buleleng sejumlah 17 guru. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi. Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif untuk data kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa supervise klinik dapat meningkatkan kemampuan guru-guru dalam melaksanakan proses pembelajaran sesuai dengan Permen No. 41 tahun 2007 yang interaktif, inspiratif, menantang, memotivasi, perserta didik serta mampu membangun. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada siklus I meningkat rata-ratanya menjadi dari data awal dan pada siklus II naik rata-ratanya dari siklus I. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah supervisi klinik dapat meningkatkan kemampuan guru-guru dalam melaksanakan proses pembelajaran sesuai dengan Permen No.41 tahun 2007 yang interaktif, inspiratif, menantang, memotivasi, perserta didik serta mampu membangun.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.