PENINGKATAN PEMBELAJARAN BOLA KASTI MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 11 PADANGSAMBIAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

I Nyoman Suparta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan Pembelajaran Bola Kasti Melalui Pendekatan Bermain Pada Siswa Kelas V SD Negeri 11 Padangsambian Semester I Tahun Pelajaran 2015/2016. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V dengan jumlah siswa sebanyak 45 orang. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data tentang aktivitas dan hasil belajar adalah metode observasi dan tes, dengan alat pengumpulan data berupa lembar observasi aktivitas siswa dan lembar soal-soal tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penggunaan media permainan ular tangga dalam pembelajaran penjaskes efektif meningkatkan aktivitas dan hasil belajar penjaskes siswa pada materi penjumlahan di kelas V. Pada semester I di SD Negeri 11 Padangsambian, masing-masing pada refleksi awal nilai Rata-Rata 60 prsentase 48,89,angka ini berada pada kategori kurang aktif dan dengan persentase hasil belajar sebesar 64,11 % angka ini berada pada kategori Cukup. Pada siklus I aktivitas belajar siswa sebesar nilai Rata-Rata 85,60dengan kategori aktif, dan hasil belajar sebesar 68,11% pada kategori Cukup. Pada siklus II diperoleh rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar 87% dapat digolongkan pada kategori aktif, dan persentase hasil belajar siswa sebesar 81 sehingga melebihi KKM 70 angka ini berada pada kategori baik. Dikatakan efektif karena meningkatkan aktivitas dan hasil belajar penjaskes siswa kelas V di SD Negeri 11 Padangsambian.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.