APLIKASI MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA
Abstract
Tujuan dari diadakannya penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa, khususnya dalam mata pelajaram Bahasa Indonesia agar sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Belajar yang diharapkan. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu : perencanaan, tindakan, observasi/pengamatan, dan refleksi. Dalam penelitian ini digunakan subjek penelitian diambil dari siswa kelas IV semester II yang berjumlah 34 orang yang tidak memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM). Objek penelitian yang disasar adalah hasil belajar Bahasa Indonesia siswa. Untuk mengetahui tingkat keberhasilan pelaksanaan tindakan dilakukan tes prestasi belajar yang kemudian data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari data awal sampai siklus II yaitu, data awal menunjukkan prestasi ketuntasan belajar mencapai 47%, siklus I meningkat menjadi 55%, siklus II meningkat menjadi 100%. Hal itu membuktikan bahwa model pembelajaran kuantum yang diterapkan guru dalam proses pembelajaran telah mampu meningkatkan prestasi belajar siswa dengan baik, serta metode pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.