MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AGAMA HINDU MELALUI METODE DEMONTRASI BERBANTUAN MEDIA GAMBAR

I Wayan Ladera

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 7 Manukaya di kelas IV semester II Tahun Ajaran 2010/2011. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode demontrasi berbantuan media gambar dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Agama Hindu. Metode pengumpulan data menggunakan tes prestasi belajar dan metode analisis data menggunakan deskriptif karena data yang di peroleh masih berbentuk angka. Hasil yang di peroleh dari kegiatan penelitian ini adalah metode demontrasi berbantuan media gambar dapat meningkatkan nilai dari rata-rata awal 67.22, pada siklus I menjadi 74.44 dan pada siklus II naik menjadi 77.78. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa metode demontrasi berbantuan media gambar dapat meningkatkan prestasi belajar Agama Hindu siswa kelas IV SD Negeri 7 Manukaya.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.