MENGAPLIKASIKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA
Abstract
Masalah utama pembelajaran di SMP Negeri 1 Gerokgak kelas VIII b Semester 1 mata pelajaran Bahasa Indonesia adalah motivasi yang rendah dan kemampuan belajar siswa, dan model pembelajaran dengan metode ceramah. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan kemampuan siswa dalam memecahkan permasalahan dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui model pembelajaran pemecahan masalah (Problem Based Learning). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIb semester 1 SMP Negeri Gerokgak. Objek penelitian yang disasar adalah hasil belajar Bahasa Indonesia siswa. Untuk mengetahui tingkat keberhasilan pelaksanaan tindakan dilakukan tes prestasi belajar yang kemudian data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Problem Based Learning dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya mencapai nilai rata-rata 68,62 pada siklus I mencapai nilai rata-rata 75,375 dan pada siklus II mencapai nilai rata-rata 98,75. Model pembelajaran pemecahan masalah ini efektif diterapkan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.