PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN EKSPOSITORY DENGAN MEMANFAATKAN PERMAINAN TRADISIONAL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR OLAHRAGA DAN KESEHATAN

I Gusti Ayu Puspawati

Abstract

Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas di SD Negeri 4 Tulikup, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar pada Kelas IV Semester II Tahun Pelajaran 2011/2012 yang bertujuan untuk mengetahui apakah Model Pembelajaran Ekspository dengan Pemanfaatan Permainan Tradisional dapat Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Anak Kelas IV Semester II SD Negeri 4 Tulikup Tahun Pelajaran 2011/2012. Metode pengumpulan datanya melalui prestasi belajar yang dilaksanakan saat berlangsungnya proses pembelajaran.Untuk memaknai data hasil penelitian, data yang telah diperoleh dianalisis dengan metode analisis deskriptif kuantitatif, dengan menyajikan rata-rata, modus, median, dan prosentase ketuntasan belajar. Data hasil yang diperoleh dari penelitian ini dapat dijelaskan sebagai berikut: pada awalnya rata-rata sebesar 61.36, median 60, modus 60, dengan persentase ketuntasan belajar 22.73%. Setelah diberikan tindakan pada siklus I prestasi belajar anak mengalami peningkatan menjadi rata-rata 66.59, median 70, modus 70 dengan ketuntasan belajar 54.55%. Selanjutnya pada siklus II terjadi peningkatan rata-rata sebesar 75.45, median 75, modus 75, sehingga ketuntasan belajar mencapai 100%. Hasil yang diperoleh pada siklus II ini telah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan sehingga penelitian tidak dilanjutkan. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah Model Pembelajaran Ekspositori dengan Memanfaatkan Permainan Tradisional dapat Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Siswa Kelas IV Semester II SD Negeri 4 Tulikup Tahun Pelajaran 2011/2012

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.