PENERAPAN LANGKAH-LANGKAH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR

I Gusti Ayu Anggreini

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di SD No. 2 Pemaron yang tujuannya adalah untuk memperbaiki proses pembelajaran di kelas. Proses pembelajaran yang telah dilakukan dengan cara konvensional ternyata menghasilkan kemampuan penyerapan ilmu yang rendah. hal ini terbukti dari nilai ketuntasan belajar siswa kelas IV pada semester I tahun ajaran 2011/2012 baru mencapai 50%. Ketidakberhasilan guru dalam mengajar merupakan faktor yang harus dirubah sehingga peneliti mencoba melakukan proses pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Setiap kali selesai melakukan proses pembelajaran, data dikumpulkan dengan tes, lalu dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil yang diperoleh selama pelaksanaan penelitian ini adalah terjadinya peningkatan prestasi belajar dari data sebelum pelaksanaan siklus. Pada siklus I nilai rata-rata kelas sudah mencapai 63 dengan ketuntasan belajar 75% dan pada siklus II telah diperoleh kenaikan menjadi rata-rata 74 dengan ketuntasan belajar 100%. Kesimpulan akhir yang dapat disampaikan adalah bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT mampu meningkatkan hasil belajar.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.