PENERAPAN MODEL EKSPOSITORI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS
Abstract
Penelitian tindakan ini dilaksanakan di SD Negeri 1 Gianyar di Kelas IV yang kemampuan siswanya untuk mata pelajaran IPS di bawah KKM. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran ekspositori dapat meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas IV semester II SD Negeri 1 Gianyar tahun ajaran 2011/2012. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes prestasi belajar. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran ekspositori dapat meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas IV semester II di SD Negeri 1 Gianyar. Ini terbukti dari hasil rata-rata yang diperoleh pada awalnya yaitu 69.00 pada siklus I meningkat menjadi 73.83 dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 79.33. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran ekspositori dapat meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas IV semester II di SD Negeri 1 Gianyar.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.