UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENJASORKES DENGAN PENERAPAN LATIHAN TERBIMBING MELALUI PENDEKATAN KONSTRUKTIVIS UNTUK MELATIH KEBUGARAN JASMANI

Nyoman Tirta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dengan cara menerapkan metode pembelajaran konstruktivis dalam proses pembelajaran. Subjek penelitiannya adalah kelas V SD No.1 Kampung Anyar pada mata pelajaran Penjasorkes tahun 2011/2012. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan rancangan siklustis. Dalam penelitian ini digunakan subjek penelitian sebanyak 22 siswa, yang diambil dari siswa kelas V semester I yang tidak memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM). Objek penelitian yang disasar adalah hasil belajar penjasorkes siswa.Data dikumpulkan adalah data kuantitatif berupa hasil belajar yang dikumpulkan menggunakan instrumen tes. Setelah data terkumpul, kemudian dianalisis dengan analisis deskriptif kuantitatif.Setelah berakhir melakukan analisis data diketahui bahwa peningkatan prestasi belajar sudah dapat diupayakan. Hal tersebut terbukti dari kenaikan nilai siswa dari rata-rata awal 72,27 dengan ketuntasan belajar 64% pada siklus I meningkat menjadi 74,77 dengan ketuntasan belajar 82% dan pada siklus II sudah meningkat menjadi 75,68 dengan ketuntasan belajar 91%. Data tersebut menuntun peneliti untuk membuat simpulan bahwa penerapan metode pembelajaran konstruktivis mampu meningkatkan preatasi belajar siswa di kalas V SD No.1 Kampung Anyar.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.