PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN 7E-ONLINE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS XII MIPA SMA NEGERI 1 RENDANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Ni Made Rumithi

Abstract

Proses pembentukan pemahaman konsep menjadi permasalahan utama dalam pendidikan. Rancangan kegiatan pembelajaran yang dipersiapkan guru menentukan proses pembentukan pemahaman bagi peserta didik. Model pembelajaran 7E dapat dirancang dalam jaringan sebagai fasilitas belajar mandiri. Untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran 7E-Online dalam pembentukan pemahaman, maka dilakukan penelitian yang melibatkan 66 orang peserta didik kelas XII MIPA yang terdistribusi ke du akelas yaitu kelas XII MIPA1 dan XII MIPA 3. Untuk mengukur tingkat pemahaman siswa digunakan tes pemahaman konsep. Tes pemahaman konsep dibuat berdasarkan tiga tingkatan level pemahaman yaitu: transalasi, interpretasi, dan ekstrapolasi. Pemahaman konsep model pembelajaran 7E-Online berbeda secara signifikan dengan pemahaman konsep pembelajaran konvensional. Rata-rata pada kelompok eksperimen 76,45 dan pada kelompok control 68,82 berbeda secara signifikan nilai F=57,129 dengan mengendalikan pengetahuan awal sebagai covariable. Penelitian ini menunjukkan hasil positif pada pembelajaran 7E-Online untuk membentuk level-level pemahaman konsep sebagai alternatif pembelajaran di era Pandemi Covid-19.

Full Text:

PDF

References

Al-Assaf, J. A. F. (2019). The effectiveness of teaching an educational unit according to the learning cycle-5 es model "Bybee" in the development of problemsolving skills and academic achievement in Geography Subject in Grade 9 in Jordan. Journal of Curriculum and Teaching, 8 (3), 143-159.

Balta, N., & Sarac, H. (2016). The effect of 7e learning cycle on learning in science teaching: A meta-analysis study. European Journal of Educational Research, 5 (2), 61-72.

Brooks, J.G., & Brooks, M. G. (1993). In search of understanding: the case for constructivist classrooms. Virginia: Association for Supervision and Curriculum Development.

Candiasa, I M. (2002). Pengaruh strategi pembelajaran dan gaya kognitif terhadap kemampuan memprogram komputer. Disertasi (tidak diterbitkan). Program Pasca Sarjana, Universitas Negeri Jakarta.

Candiasa, I M. (2010). Pengujian instrumen penelitian disertai aplikasi ITEMAN dan BIGSTEPS. Universitas Pendidikan Ganesha. Singaraja.

Ceran, S. A., & Ates, S. (2019). The effects of 5E model supported by life-based contexts on the conceptual understanding levels measured through different techniques. Journal of Education in Science, Environment and Health (JESEH), 5 (2), 227-243.

Ceran, S. A., & Ates, S. (2020). Conceptual understanding levels of students with different cognitive styles: an evaluation in terms of different measurement techniques. Eurasian Journal of Educational Research, 88 (2), 149-178.

Hardianto, H. (2018). Deskripsi proses berpikir siswa dalam menyelesaikan soal PISA berdasarkan gaya kognitif. Prosiding, 3 (1), 19-28.

Ismaniati, C. (2017). Teori dan praktek dalam desain tentang proses dan sumber untuk belajar. Makalah (tidak diterbitkan). Program Studi Teknologi Pembelajaran Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta.

Melisusanti, N. K. A. (2018). Pengaruh model siklus belajar 7E berbantuan participatory video terhadap keterampilan proses sains dan pemahaman konsep IPA. Tesis (tidak dipublikasikan). Program Studi Pendidikan Sains. Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.

Meryem, G. B., & Kucukozer, H. (2018). The effect of 7E learning model on conceptual understandings of prospective science teachers on "de Broglie Matter Waves" subject. European Journal of Educational Research, 7 (2), 387395.

Santyasa, I W. (2004). Pengaruh model dan seting pembelajaran terhadap remediasi, miskonsepsi, pemahaman konsep dan hasil belajar fisika pada siswa SMU. Disertasi (tidak diterbitkan). Universitas Negeri Malang Program Pasca Sarjana Program Studi Teknologi Pembelajaran.

Santyasa, I W. (2017). Asesmen dan evaluasi pembelajaran fisika. Yogyakarta: Graha Ilmu

Santyasa, I W. (2019). Metodologi penelitian pendidikan. Singaraja: Undiksha Press.

Sarac, H., & Tarhan, D. (2017). Effect of multimedia assisted 7e learning model applications on academic achievement and retention in students. European Journal of Educational Research, 6(3), 299-311.

Suardana, I N., Redhana, I W., Sudiatmika, A. A. I. A. R., & Selamat, I N. (2018). Students’ critical thinking skills in chemistry learning using local culture-based 7e learning cycle model. International Journal of Instruction, 11(2), 399-412.

Sumiyati, Y., Sujana, A., Djuanda, D. (2016). Penerapan model learning cycle 7E untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi proses daur air. Jurnal Pena Ilmiah, 1 (1), 41-50.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.