IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN ECIRR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X MIPA 2 SMA NEGERI 1 SINGARAJA PADA SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2021/2022

I Putu Suweta

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas X MIPA 2 SMA Negeri 1 Abang melalui Implementasi model pembelajaran ECIRR. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan penelitian tindakan kelas pada siswa kelas X MIPA 2 SMA Negeri 1 Abang yang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus pembelajaran, dimana setiap siklus memuat tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi-evaluasi, dan tahap refleksi. Obyek penelitian ini adalah motivasi belajar dan prestasi belajar Fisika. Untuk mengukur motivasi belajar siswa digunakan kuesioner motivasi belajar, dan untuk mengukur prestasi belajar digunakan tes prestasi belajar yang diberikan pada akhir tiap siklus. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif.

Berdasarkan hasil analisis data, penelitian ini menyimpulkan bahwa : Pertama, implementasi model pembelajaran ECIRR dapat meningkatkan motivasi belajar Fisika siswa Kelas X MIPA 2 SMA Negeri 1 Abang pada semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022. Hal ini diindikasikan dari rata-rata motivasi siswa meningkat dari 62,7 pada siklus I menjadi 82,4 pada siklus II. Kedua, implementasi model pembelajaran ECIRR dapat meningkatkan prestasi belajar Fisika siswa Kelas X MIPA 2 SMA Negeri 1 Abang pada semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022. Hal ini diindikasikan dari rata-rata prestasi belajar siswa meningkat dari 73,3 pada siklus I menjadi 83,6 pada siklus II. Sejalan dengan hasil penelitian ini dapat disarankan bahwa implementasi model pembelajaran ECIRR dapat digunakan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran dalam upaya meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada pembelajaran Fisika di SMA. Guru dapat mengembangkan model pembelajaran ini pada pokok bahasan lainnya sehingga dapat memberikan suasana belajar baru yang dapat memotivasi siswa untuk belajar.

Full Text:

PDF

References

Agustina, E. I P. 2009. Pengaruh model pembelajaran konstekstual terhadap pemahaman konsep dan keterampilan proses sains siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tabanan tahun pelajaran 2008/2009. Tesis (tidak diterbitkan). Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha.

Akbar, R. & Hawadi. 2001. Psikologi perkembangan anak mengenali sifat bakat dan kemampuan anak. Jakarta: PT Grasindo.

Akbar, R. & Srihadi. 2001. Akselerasi A-Z informasi program percepatan belajardan anak berbakat intelektual. Jakarta: PT Grasindo

Arifin, M., Wasilah, A. S., Alwi, K. I., Mulyono, H., & Wawan, W. 2003. Strategi belajar mengajar kimia. Technical Cooperation Project for Development of Science and Mathematics Teaching for Primary and Secondary Educational in Indonesia (IMSTEP).

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Asthika, K. B. 2005. Pengaruh pendekatan konstektual dan pengetahuan awal terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri 1 Sawan tahun pelajaran 2005/2006. Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Pendidikan Fisika, FPMIPA Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Negeri Abang.

BSNP.2006.Standar Isi KTSP.Jakarta:Depdiknas.

Çalık, M & İpek, H. 2008. Combining different conceptual change methods within four-step constructivist teaching model: A sample teaching of series and parallel circuits. International Journal of Environmental & Science Education. 3(3). 143153.

Chick, H. L., & Baker, M. K. 2005. Investigating teachers’ responses to student misconceptions. Proceedings of the 29th Conference of the International Group for The Psychology of Mathematics Education. 2. 249-256.

Cocea, M. 2007. Assessment of motivation in online learning environments. Thesis. Tersedia pada http://www.dcs.bbk.ac.uk/~mihaela/publications/ MSc%20NCI.pdf.

Depdiknas. 2006. Kurikulum 2013. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Djamarah, S. B. 1991. Prestasi belajar dan kompetensi guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Frith. 2006. Motivation to learn. Artikel. Tersedia pada http://www.arcsmodel.com.

Halat, E., Jakubowski, E., & Aydin, N. 2008. Reform-based curriculum and motivation in geometry. Eurrasian Journal Mathematics, Science & Technology Education, 4(3): 285-292.

Hamalik, O. 1992. Administrasi dan Supervisi Pengembangan Kurikulum. Bandung: CV. Mandar Maju.

Hamalik, O. 2004. Proses belajar mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Kertamuda, F. 2008. Pengaruhi motivasi belajar terhadap prestasi belajar. Jurnal

Psikologis. 21(1). 25-38. Tersedia pada http://isjd.pdii.lipi.go.id.

Koes, S. H. 2003. Strategi pembelajaran fisika. Malang: Universitas Negeri Malang.

Lee, T. A., Hairston. R. V.,Thames.R., Lawrence. T., Herron, S. S. 2002. Using a computer simulation to teach science process skills to college biology and elementary education majors. Journal of College Biology Teaching. 28(4). 3542. Tersedia di http://acube.org/volume_28/v28-4p35-42.pdf.

Murphy, J. W. & Rasch, D. 2010. Service-learning and authenticity achievement. Human Architectur. Journal Of The Sociologi Of Self-Knowledge. 8 (1). 115124.

Nurkancana, W. & Sunartana, P. P. N. 1990. Evaluasi hasil belajar. Surabaya: Usaha Nasional.

Pardjono. 2002. Active learning: The Dewey, Piaget, Vygotsky, and Constuctivist Theory Perspective. Jurnal Ilmu Pendidikan. 9 (1). 163-178.

Republik Indonesia. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Lembaran Negara RI Tahun 2003. Jakarta.

Sadia, I W., Suastra, I W., & Tika, I K. 2004. Pengembangan model dan strategi pembelajaran fisika di sekolah menengah umum (SMU) untuk memperbaiki miskonsepsi siswa. Laporan penelitian (tidak diterbitkan). Proyek peningkatan penelitian pendidikan tinggi, Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional. Jurusan Pendidikan Fisika IKIP Negeri Abang.

Sagitasari, D. A. 2010. Hubungan antara kreativitas dan gaya belajar dengan prestasi belajar matematika Siswa SMP. Skripsi. Tersedia pada http://eprints.uny.ac.id/1618/1/FINAL.pdf.

Santrock, J. W. 2008. Psikologi pendidikan: Edisi kedua. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Santyasa, I W., Suwindra, I N. P., Sujanem, R., & Suardana, K. 2005. Pengembangan teks fisika bermuatan model perubahan konseptual dan komunitas belajar serta pengaruhnya terhadap perolehan kompetensi siswa kelas I di SMU. Laporan Penelitian (tidak diterbitkan). IKIP Negeri Abang.

Sardiman, A. M. 2007. Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Kependidikan. Jakarta. Bumi Aksara.

Suparno, P. 2007. Metodologi pembelajaran fisika konstruktivist & menyenangkan. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Wenning, C. J. 2008. Dealing more effectively with alternative conception in science. Journal Physics Teacher Education. 5(1). 11-19.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.