MENINGKATAN MOTIVASI BERPRESTASI DAN KEMAMPUAN GURU SMA NEGERI 3 SINGARAJA DALAM MENGELOLA PROSES PEMBELAJARAN MELALUI PENERAPAN SUPERVISI DIREKTIF PADA SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Made Sri Astiti

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah (PTS) yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi berprestasi dan kemampuan guru SMA Negeri 3 Singaraja dalam mengelola proses pembelajaran pada semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020 melalui penerapan supervisi direktif. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan penelitian tindakan sekolah pada guru mata pelajaran MIPA pada semester genap tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 15 orang. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, dimana setiap siklus memuat perencanaan, pelaksanaan, observasi-evaluasi, dan tahap refleksi. Objek penelitian ini adalah motivasi berprestasi dan kemampuan guru dalam mengelola proses pembelajaran. Untuk mengukur motivasi berprestasi digunakan kuesioner motivasi berprestasi dan untuk mengukur kemampuan guru mengelola proses pembelajaran digunakan lembar observasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Hasil analisis data dmenunjukkan bahwa: 1) Penerapan supervisi direktif dapat meningkatan motivasi berprestasi guru SMA Negeri 3 Singaraja pada semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata motivasi berprestasi guru pada siklus II mencapai 85,07 lebih besar dari siklus I yang baru mencapai 72,63, atau mengalami peningkatan sebesar 17,13%. Kategori motivasi berprestasi guru pada siklus I pada kategori sedang meningkat pada siklus II menjadi kategori tinggi. 2) Penerapan supervisi direktif dapat meningkatan kemampuan guru SMA Negeri 3 Singaraja dalam mengelola proses pembelajaran pada semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020. Hal ini diindikasikan dari rata-rata kemampuan guru dalam mengelola proses pembelajaran pada siklus II mencapai 85,68 lebih besar dari siklus I yang baru mencapai 71,73, atau mengalami peningkatan sebesar 19,45%. Secara kualitatif terjadi peningkatan kualifikasi kemampuan guru dalam mengelola proses pembelajaran yakni dari kategori sedang pada siklus I menjadi kategori tinggi pada siklus II. Sejalan dengan hasil penelitian ini disarankan agar para kepala sekolah yang memiliki permasalahan sejenis agar mempertimbangkan kegiatan supervisi direktif sebagai upaya meningkatkan motivasi berprestasi dan kemampuan guru dalam mengelola proses pembelajaran.

Full Text:

PDF

References

Anastasi, Anne dan Susana Urbina. 1997. Psychological Testing. New Jersey: PrenticeHall Inc., Published by Simon A Schuster A Viacom Co. Upper Saddle River.

Ancok, Djamaludin. 1986. Teknik Penyusunan Skala Pengukur. Yogyakarta: Pusat Penelitian Kependudukan Universitas Gadjah Mada.

Atkitson, Richard C. dan Rita L. Atkitson. 1975. Introduction to Psychology. New York: Harcourt Brace Jovanovich Inc.

Azwar, Saifuddin. 1989. “Self-Esteem dan Motivasi untuk Berprestasi pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi, UGM, 1989 No.1, 25-28: Yogyakarta.

Bafadal, Ibrahim. 1990. “Keefektifan Pengawasan Dalam Pembinaan Kemampuan Profesional Guru Agama SD Negeri di Kabupaten Sumenep” . Tesis. Malang: IKIP

Bafadal, Ibrahim. 1992. Supervisi Pengajaran Teori dan Aplikasinya dalam Membina Profesional Guru. Jakarta : Bumi Aksara

Campbell, Donald T. dan Julian C. Stanley. 1966. Eksperimental and QuasiEksperimental Designs for Research. Chicago: Rand Mc.Nally College Publishing Company.

Candra. 2008. “Analisis Hubungan Implementasi Supervisi Pengajaran Para Pengawas, Pengalam dalam Pelatihan dan Lingkungan Sekolah terhadap Kompetensi Profesional Guru IPA SMP Negeri di Kabupaten Badung” (Tesis). Singaraja: Undiksha

Dantes, Nyoman. 1983. Penilaian Layanan Bimbingan Konseling. Singaraja: P2LPTK Depdikbud.

Fernandes, H.J.X. 1984. Testing and Measurement. Jakarta: National Education Planning, Evaluation and Curriculum Development.

Glickman, Carl. D. 1980. Develovment Supervision (Alternative Practice for Helping Teacher Improve Instruction). Virginia: ASCD.

Gregory, Robert J. 2000. Psychological Testing: History, Principles, and Applications. Allyn and Bacon : Boston

Guilford, J.P. 1950. Fundamental Statistic in Psychology and Education. Tokyo: Kogakusha Company, Ltd.

Hadi, Sutrisno. 2001. Statistik. Andi Offset: Yogyakarta.

Haditono, Siti Rahayu.1983. “Motivasi Prestasi, Tingkat Pendidikan Orang tua, dan Cara Mendidik Anak pada Empat Kelompok Pekerjaan”. Jurnal Analisis Pendidikan Tahun IV-Nomor 1-1983.

Hamzah B. Uno, dkk. 2001. Pengembangan Instrumen untuk Penelitian. Jakarta : Dilema Press.

Hjelle, Larry A dan Daniel J. Ziegler. 1992. Personality Theories. New York : McGraw Hill Inc.

Holden, Gerd. 1990. Motivating Tutors. http://www.nettskolen.com/pub/ artikkel.xsql

Jung, John. 1978. Understanding Human Motivation. A Cognitive Approach. New York : McMilan Publishing Co.Inc

Kerlinger, F.N.1990. Asas-Asas Penelitian Behavioral. Edisi Ketiga. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Koper. 2008.”Studi Korelasi Penilaian Guru tentang Perilaku Kepernimpinan Kepala Sekolah, Moral Kerja, dan Motivasi Kerja Guru dengan Kinera Guru SD Inti di Kecamatan Mengwi Badung” (Tesis) Singraja: Undiksha

Martaniah, Sri Mulyani. 1984. Motif Sosial Remaja Suku Jawa dan Keturunan Cina di Beberapa SMA Yogyakarta : Suatu Studi Perbandingan. Yogyakarta : Gajah Mada University Press.

Natajaya, N. 1994. “Studi hubungan antara Pelaksanaan Supervisi Pengajaran dengan Kemampuan Mengajar PMP Guru-Guru SD Negeri se-Kabupaten Bulelelng di Daerah Tingkat II Buleleng” (Tesis). Malang: IKIP

Natajaya, N. 2003. “Profil Kepemimpinan Kepala Sekolah SLTP di Daerah Kabupaten Buleleng” (Hasil Penelitian). Singaraja: IKIP

Sabri, Alisuf H.M. 1995.Psikologi Pendidikan. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya. Sahertian, A.Piet dan Ida Alieda. 1990. Supervisi Pendidikan dalam Rangka Program

Inservise Education. Jakarta: Rineka Cipta.

Sahertian, Piet. 2000. Supervisi Pendidikan dalam Rangka Program Inservise Education. Jakarta: Rineka Cipta.

Santo Muwarni dan Nana Kosasih. 1998. Statistik Terapan (Teknik Analis Data). Jakarta: PPS UNJ.

Schunk, Dale H.1991. Motivasi in Education ; Theory, Research, and Application. New Jersey : Prentice-Hall, Inc.

Sri Mertasari. 2003. “ Pengaruh Model Tes Terhadap Motivasi Belajar Matematika dengan Mempertimabngkan Tingkat Kesukaran Tes”.Tesis. Singaraja: Program Pascasarjana.

Suastini, Ni Wayan. 2005 “Kontribusi Pelaksanaan Supervisi Pengajaran, Pelatihan Guru dan Pengalaman Kerja Terhadap Kemampuan Mengajar Guru Bahasa Inggris SMA Negeri di Kab. Badung”. (Tesis). Singaraja: Undiksha Subari.

Supervisi Pendidikan, Surabaya: Ikrar Mandiri Abadi.

Sudjana. 1992. Metode Statistika. Bandung : Tarsito.

Suryabrata, Sumadi. 1995. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Widarsana. 2008. “Analisis Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kualitas Supervisi Pengawasan, dan Semangat Kerja Guru Terhadap Kualitas Pembelajaran Guru di kabupaten Badung” (Tesis). Singaraja: Undiksha

Winkel, W.S. 1984. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta : Gramedia Woolfolk, Anita E..1993. Educational Psychology. Bonston : Allyn and Bacon.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.